Minggu, 11 Maret 2012

Topen Ondel - ondel

Kategori : Topeng
Element Budaya : Pakaian Tradisional
Provinsi : DKI Jakarta
Asal : Betawi
Ondel-Ondel

Ondel-ondel merupakan sejenis pakaian dalam pertunjukan seni Betawi disebut pertunjukan boneka Ondel-ondel. Ondel-ondel sudah ada di Jakarta berabad-abad yang lalu. Pedagang dari Inggris, W. Scot, mencatat dalam bukunya jenis boneka seperti ondel-ondel sudah ada tahun 1605.

Tinggi ondel-ondel: sekitar 2,5 meter.
Bahan rangka: bambu
Diameter tubuh: 80 cm.
Bahan Wajah topeng: kayu.
Bahan rambut: ijuk hitam.
Bahan hiasan rambut: kembang kelapa.
Bahan pakaian satu ondel-ondel: kain 10 meter

Pertunjukan: berbagai acara seperti penganten sunat, perkawinan, peresmian, pawai, dan sebagainya, termasuk perayaan tahun baru masehi maupun imlek.

Cerita:
Dahulu ondel-ondel dibuat untuk keperluan upacara. Bentuknya yang raksasa dianggap memiliki kekuatan gaib. Kekuatan gaib ondel-ondel diyakini akan menjaga keselamatan kampung beserta isinya. Upacara bersih desa atau sedekah bumi selalu menampilkan ondel-ondel.

Sebelum membuat ondel-ondel diadakan selamatan. Setelah ondel-ondel selesai dibuat diadakan selamatan. Dan sebelum melaksanakan pertunjukan diadakan selamatan. Selamatan disebut "ngukup". Dalam ngukup harus disediakan menyan, bubur merah putih, rujak tujuh rupa, kembang tujuh rupa, dan lain-lain.

Tarian ondel-ondel diiringi musik tabuhan ondel-ondel. Alat musiknya berupa kendang, terompet, kenong, dan gong. Musik pengiring ini tidak mutlak. Ada juga yang mengiringi Ondel-ondel dengan musik Tanjidor, ada yang mngiringi dengan musik Gendang Pencak Betawi, dan ada pula yang menggunakan Bende, Kemes, Ningnong dan Rebana Ketimpring. Biasanya ondel-ondel main dari pagi sampai sore. Maka itu penari atau pembawa ondel-ondel dipilih yang kuat.

Catatan:
Ondel-ondel biasanya dibuat sepasang. Laki-laki (wajah dicat merah) dan perempuan (wajah dicat putih/kuning). Diibaratkan seperti suami istri. Saat ini dibuat pula anak ondel-ondel.

Sumber : (budaya-indonesia.org)

Komentar: Sewaktu tinggal di jakarta, topeng ondel - ondel ini masih sering dijumpai di jalan atau biasanya di pemukiman warga. Biasanya juga diiringi dengan musik khas betawi, Ondel - ondel ini juga menjadi maskot "Jakarta fair", tapi sayang sekarang sudah hampir punah, di Jakarta fair sendiri, Ondel - ondel ini hanya dipajang di salah satu stan budaya khas betawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar